Meskipun Perparkiran di Pekanbaru Dinilai Baik, Dishub Tetap Lakukan Berbagai Perbaikan

Senin, 06 Maret 2023

Foto: Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso foto bersama dengan narasumber usai menggelar evaluasi penyelenggaraan parkir

Wadahnews.com- Bertempat di Aula New Holywood Hotel, Senin (6/3). Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru mengevaluasi penyelenggaraan perparkiran tepi jalan umum. Evaluasi ini digelar ke dalam Forum Grup Discussion (FGD). 

"Ini upaya kita untuk meminta partisipasi dari stakeholder terkait mengevaluasi parkir. Kalau dari segi pendapatan daerah, saat ini lebih baik. Karena kan targetnya jelas," ujar Pj Walikota Pekanbaru Muflihun yang diwakili Sekretaris Daerah Indra Pomi Nasution ketika membuka kegiatan tersebut.

Indra menambahkan, untuk saat ini pengelolaan parkir tepi jalan umum sudah cukup baik. Sebab, ada pola baru yang diterapkan dengan penggunaan teknologi sehingga pendapatan dapat terukur.

"Dengan pola yang ada saat ini, maka pengelolaan parkir kita sudah cukup baik di Indonesia. Meskipun demikian, kita tetap melakukan berbagai perbaikan dengan diskusi dan menerima masukan-masukan positif sehingga perparkiran kedepan semakin baik," ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso turut menyampaikan jika FGD ini merupakan ruang untuk berdiskusi terhadap kebijakan pemerintah yang sudah diimplementasikan ke masyarakat.  Salah satunya terhadap pengelolaan parkir tepi jalan umum.

"Kita menerima saran dan kritikan, tadi ada satu hal positif yang kita dapatkan. Yaitu terkait kepastian dan terukurnya pendapatan daerah dari parkir," jelasnya.

Menurutnya, dengan berbagai terobosan yang sudah dilakukan pihaknya ini. Pendapatan perparkiran 
dari tahun ke tahun terlihat progres tumbuh secara positif. Meskipun demikian, pihaknya tidak serta merta hanya mengejar PAD saja. Tetapi lebih kepada pelayanan yang diberikan petugas jukir dilapangan  kepada masyarakat.

"Kita terus rutin melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap para juru parkir (jukir) yang bertugas di lapangan. Dimana, para jukir di lapangan sudah menerapkan 3S (Senyum, Sapa, dan Salam). Hal ini dalam rangka perbaikan dan pembekalan dalam standar pelayanan parkir secara bertahap. Disamping itu turut membenahi sarana dan prasarana yang masih kurang," jelasnya.

Ditambahkan Kepala UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru, Radinal Munandar, bahwa tim di lapangan rutin setiap hari melakukan pengawasan. Mereka melakukan patroli terhadap jukir dalam memberikan pelayanan.

"Kami melakukan penertiban terhadap jukir maupun kendaraan yang parkir sembarangan. Selain itu, kita juga turut mengamankan jukir yang tidak menggunakan atribut lengkap serta tidak memberikan pelayanan baik," tutupnya.

Dalam kegiatan FGD ini turut mengahdirkan sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya. Mulai dari akademisi, Ombudsman, forum lalulintas, legislatif, kementerian perhubungan, hingga dari para kalangan mahasiswa, dan tokoh masyarakat.