Sukses Pemilu 2024, Kesbangpol Pekanbaru Perkenalkan Pendidikan Politik Kepada Pemilih Pemula

Jumat, 10 Maret 2023

Foto: Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Syoffaizal

Wadahnews.com- Sebagai upaya untuk menyukseskan pesta demokrasi yakni Pemilu Serentak pada tahun 2024 mendatang. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru mengajak siswa SMK 2 Pekanbaru untuk ambil peran untuk mencegah politik uang.

"Mengapa mesti pemilih pemula? Karena memang dari 700.000 lebih pemilih kita, ada 11.662 diantaranya merupakan pemilih pemula yang memiliki potensi dalam partisipasi Pemilu serentak di 2024 nanti," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Syoffaizal pada kegiatan sosialisasi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) kepada pemilih pemula di Pekanbaru yaitu kepada siswa di SMK 2 Pekanbaru, Jumat (10/3).

Menurutnya, pendidikan politik ini perlu diberikan kepada pemilih pemula. Hal ini untuk mencegah adanya golput serta politik uang karena kurangnya pengetahuan tentang politik.

"Anak-anak ditingkat pelajar atau pemilih pemula ini masih ada yang minim dari pendidikan politik. Untuk itu, perlu diberikan pendidikan politik sedini mungkin. Sehingga mereka tahu mengapa mereka harus ikut pemilu. Jadi, bila mereka (pelajar red) tidak mengerti politik maka enggan untuk datang ke TPS," terangnya.

Menurutnya, sikap berbanding dengan kepentingan. Apabila dia tidak memiliki kepentingan maka dia tidak akan bersikap. Oleh karena itu, perlunya pemilih pemula ini diberikan pendidikan dan menyampaikan pentingnya Pemilu.

"Maka secara gamblang disampaikan oleh narasumber kenapa mesti hadir di TPS nanti, dan siapa yang mereka pilih. Mereka ini harus tahu jika suaranya bermanfaat dan jangan sampai suara mereka dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab," jelasnya.

Dengan adanya pendidikan politik, anak-anak ini akan lebih melek terhadap politik. Sehingga nantinya suara mereka benar-benar bermanfaat.

"Dan tak lupa juga kami ingat agar anak-anak ini berani untuk menolak yang namanya politik uang. Jangan mau suara kita dibeli. Makanya kami ingatkan sekita besok saat pemilihan, silahkan datang ke TPS, gunakan hak Pilih dengan bijaksana, pilih yang berkomitmen untuk memajukan daerah dan mensejahterakan warga dan yang tak kalah pentingnya lagi adalah tolak yang namanya politik uang," tegasnya.

Kepala Sekolah SMK 2 Pekanbaru Feri Daswandi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kesbangpol Pekanbaru yang telah memilih SMK 2 Pekanbaru untuk menjadi lokasi pertama yang dikunjungi dalam rangka memberikan informasi kepada siswa SMK 2 Pekanbaru tentang pemilu yang akan datang.

"Mudah-mudahan peserta didik memahami apa yang dikatakan dengan pemilu, bisa mengikuti, melaksanakan dengan baik dan membantu pemerintah pada umumnya untuk memilih yang terbaik untuk calon presiden atau wakil rakyat sebagai penentu nasib rakyat Indonesia kedepannya," ujarnya.

Ketua Panitia acara Tengku Firdaus yang juga Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kota Pekanbaru mengatakan adapun dasar hukum kegiatan ini adalah yang pertama UU Republik Indonesia nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, kedua peraturan menteri dalam negeri nomor 36 tahun 2010 tentang pedoman fasilitas penyelanggaraan pendidikan politik dan yang ketiga adalah DPA Badan Kesbangpol Pekanbaru tahun anggaran 2023.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meingkatkan kualitas pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah dalam berdemokrasi, kemudian meningkatkan partisipasi pemili pada pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah tahun 2024," tutupnya.

Sebagai informasi, untuk peserta kegiatan ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari siswa-siswi SMK 2 Pekanbaru yang berusia 17 tahun sebagai pemilih pemula. Sedangkan narasumber yang ikut hadir pada kegiatan ini adalah KPU Kota Pekanbaru, Bawaslu Pekanbaru, Kesbangpol Provinsi Riau dan juga akademisi.