Festival Pacu Jalur Diharapkan Jadi Momen Kebangkitan UMKM di Kuansing

Rabu, 23 Agustus 2023

Foto Istimewa

Wadahnews.com- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengharapkan agar Festival Pacu Jalur yang diselenggarakan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) jadi momen kebangkitan sektor UMKM di Kuansing. 

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Festival Pacu Jalur 2023 di Lapangan Limuno Kota Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Kabupaten Kuansing, Rabu (23/8). 

"Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 dinyatakan resmi dibuka. Semoga Festival Pacu Jalur dapat berjalan aman, lancar, sukses, dan bisa meningkatkan pendapatan UMKM, ujarnya. 

Sekdaprov Riau itu melanjutkan, pacu jalur merupakan tradisi yang serat akan nilai sejarah, di mana tradisi mulai dari menebang pohon, maelo jalur, hingga membuat jalur, yang dilakukan dengan ritual khusus dengan acara adat yang sakral. 

Kemudian terangnya, tradisi pacu jalur merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan, ditunggu setiap tahun oleh masyarakat Riau, khususnya masyarakat Kuansing. 

Sebab event pacu jalur memiliki fungsi kultural, edukatif, ideologi, solidaritas sosial dan kekeluargaan. Nilai-nilai yang harus dijaga dan dibangun secara kokoh dengan menanamkan kearifan lokal sejak dini kepada generasi muda sebagai bagian Warisan Budaya Tak Benda asli Indonesia. 

"Dengan dihelatnya Festival Pacu Jalur ini menjadi momen yang tepat menggiatkan perekonomian masyarakat di Kuansing," terangnya. 

SF Hariyanto menjelaskan, karena adanya Festival Pacu Jalur tersebut, tingkat kunjungan wisatawan semakin meningkat dari tahun ke tahun. 

Maka dari itu menurutnya, perlu ditingkatkan lagi potensi yang ada di masyarakat, terutama sektor UMKMnya. Sebab kegiatan tersebut mampu menarik ribuan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Festival Pacu Jalur merupakan hasil budaya dan karya khas yang merupakan perpaduan antara unsur olahraga seni, dan olah batin sehingga festival pacu jalur ini menjadi budaya terbaik Indonesia," ungkapnya. 

Menurut SF Hariyanto, masyarakat Riau khusunya masyarakat Kuansing patut bangga, karena Festival Pacu Jalur telah banyak diikuti peserta mancanegara. 

Oleh karena itu dia berharap agar tradisi Festival Pacu Jalur ini dapat terus dijaga dan dilestarikan. 

Kepada semua pihak yang hadir memeriahkan kegiatan tersebut, SF Hariyanto juga mengharapkan agar ketertiban, keamanan dan kebersihan dapat terus dijaga, supaya event ini bisa tetap dilaksanakan dan disaksikan di tahun-tahun mendatang. 

"Harapan kita event ini bisa mendatangkan wisatawan domestik juga mancanegara yang bisa memberikan multiplayer effect bagi masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi dan Riau umumnya," tutupnya.(mcr)