Pantau Jukir, Dishub Pekanbaru Segera Aktifkan 20 Titik CCTV

Kamis, 21 Desember 2023

Foto: Kepala UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru, Radinal Munandar

Wadahnews.com- Jika tidak ada kendala, akhir Desember 2023 Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bakal mengakifkan CCTV di ruas jalan utama untuk memantau aktivitas penyelenggaraan parkir.

Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso melalui Kepala UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru, Radinal Munandar mengungkapkan bahwa mengoperasikan CCTV tahap awal ini direncanakan sebanyak 20 titik di ruas jalan zona satu yang padat kendaraan. Pemasangan alat tersebut sebagai upaya mendukung pemenuhan layanan dari juru parkir (Jukir) kepada masyarakat.

"CCTV ini untuk memonitor bagaimana jukir bertindak di lapangan, berapa kendaraan, mengganggu lalulintas atau tidak. Selain itu, kita juga akan memantau atribut yang digunakan jukir dalam bertugas di lapangan. Alat CCTV 
akan disiapkan langsung oleh pihak ketiga," tambahnya.

Radinal juga menambahkan, untuk pemasangan CCTV ini akan dilakukan secara bertahap dengan pihak ketiga. Targetnya lebih dari 400 titik di sejumlah ruas jalan yang bakal di pasang CCTV. Nantinya alat ini akan 
aktif dalam 24 jam untuk memantau aktivitas lokasi parkir, dan bisa diakses melalui dashboard maupun melalui android.

"Ini sebagai bentuk upaya kita  pemenuhan layanan yang di rekomendasikan Ombudsman dalam pelayanan parkir tepi jalan umum. Ini tidak menggunakan APBD tetapi dari pihak ketiga yang menyediakan, karena masih bagian dari kontrak kerjasama dengan pihak ketiga," tutupnya.