Distankan Pekanbaru Sebut, Hari Ini Potongan Sapi Sudah Dilakukan

Selasa, 29 Maret 2022

Foto: Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, Muhammad Firdaus.

Wadahnews.com- Sudah beberapa hari belakangan ini, Pekanbaru terjadi kelangkaan daging sapi segar. Untuk itu, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru mengaku sudah melakukan pembahasan terkait hal tersebut. Selasa (29/3).

"Kita sudah membahas perihal kelangkaan daging segar ini dengan sejumlah pihak. Mulai dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan  Provinsi Riau hingga seluruh pelaku usaha rumah potong. Hasil dari pertemuan tersebut, hari ini sudah dilakukan pemotongan sesuai dengan jumlah sapi yang tersedia," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, Muhammad Firdaus.

Lebih jauh disebutkannya, pemotongan sapi ini dirumah potong hewan ini dilakukan setelah mendapat surat dari Dinas Peternakan Provinsi Lampung. Dimana, isi surat tersebut menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung sudah membuka kembali pengiriman sapi ke Provinsi Riau.

"Pemotongan sapi di rumah potong hewan sudah normal kembali. Dimana, dalam satu hari bisa memotong 25 ekor hingga 30 ekor," tambahnya.

Dirinya juga tidak menampik jika selama beberapa hari ini, memang terjadi kelangkaan daging sapi segar di pasaran. Kondisi ini terjadi karena pelaku usaha peternakan di rumah potong hewan atau RPH mengalami pengurangan pemotongan.

"Kelangkaan beberapa hari yang lalu karena adanya pengurangan pemotongan di RPH. Hal ini buntut dari penghentian penyaluran sapi dari dari Provinsi Lampung pasca menerima surat edaran dari Dinas Peternakan Provinsi Lampung agar tidak mengeluarkan ternaknya ke Provinsi Riau karena Lumpy Skin Disease (LSD)," tutupnya.