Durasi Singkat Pendaftaran PPDB SMP Negeri di Pekanbaru, Disdik Komentar Ini !

Kamis, 30 Juni 2022

Foto: ilustrasi

Wadahnews.com-  Hari kedua pembukaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Pekanbaru dengan sistem online masih terus dikeluhkan sejumlah orang tua murid.

Rata-rata keluhan yang dilontarkan masyarakat waktu pendaftaran online yang terbilang singkat. Dimana Disdik Pekanbaru hanya memberi batas waktu
pendaftaran yang dimulai pukul 08.00-12.00 WIB. 

"Saya rasa sistem online itu waktunya panjang, ternyata singkat hanya 4 jam. Tadi sudah daftarkan anak saya sekitar jam 11.15 wib. Namun, hingga saat ini status pendaftaran anak saya masih belum diterima," ucapnya Lina, warga jalan Semangka.

Selain itu Lina juga menambahkan, jika pendaftaran on-line ini hanya bisa dilakukan melalui  komputer atau laptop. Padahal, tidak semua masyarakat Pekanbaru yang memiliki komputer.

"Harusnya yang namanya online itu bisa pakai handphone android. Karena tidak semua masyarakat memiliki komputer dan laptop. Ini terpaksa saya daftar dari dari warnet. Itu pun belum terlihat datanya diterima. Besok rencananya saya mau ke sekolah lagi untuk buat pengaduan. Mudah-mudahan besok data anak saya sudah terdaftar," harapnya.

Menanggapi berbagi keluhan tersebut, 
Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, bahwa pihaknya akan segera memanggil dinas pelaksana teknis PPDB tersebut, dalam hal ini Dinas Pendidikan Pekanbaru.

"Keluhan ini akan saya tampung dan akan menjadi catatan juga untuk berbenah kedepannya. Ini kan teknis, pelaksanaan teknisnya nanti ke disdik. Jadi, nanti akan saya panggil Disdik,"ujar Muflihun, Kamis (30/6). 

Ketika ditanya terkait singkatnya durasi waktu pendaftaran? Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Muzailis, mengaku jika pihaknya membuka PPDB tingkat SMP negeri hingga 5 Juli 2022 mendatang. 

"Pendaftaran kita buka sampai 5 Juli, sedangkan durasinya sampai jam 12 itu saya rasa sudah wajar. Karena petugas sesudah pendaftaran jam 12, mereka langsung lakukan verifikasi lagi berkas yang masuk sampai sore. Sejauh ini pelaksanaan hari pertama dan kedua PPDB Online ini tidak ada kendala," terang Muzailis. 

Ia juga menampik, terkait adanya keluhan yang diterima dari orangtua murid terkait susahnya masuk ke sistem aplikasi. 

"Mungkin ada satu dua (orangtua) yang tidak paham, mungkin mereka tidak mau pula bertanya ke sekolah ataupun ke dinas, jadi mereka anggap sulit," tutupnya. 

Sebagai informasi, guna memudahkan para orang tua yang kurang paham tentang pendaftaran ini. Disdik juga membuka layanan pengaduan di setiap sekolah yang membuka PPDB. Layanan untuk membantu terkait adanya gangguan sistem selama PPDB berlangsung.(Rina)