Kesbangpol Laksanakan Sosialisasi Pendidikan Politik Untuk Mahasiswa se Kota Pekanbaru

Kamis, 07 Juli 2022

Wadahnews.com- Menyasar kaum milenial yang memiliki hak pilih cukup banyak dalam Pemilu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru menggelar kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi mahasiswa dalam agenda pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah tahun 2024 di Hotel Royal Asnof, Kamis ( 7/7).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Pejabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai Universitas yang ada di Kota Pekanbaru 

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka menciptakan Pilkada yang Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) – Jujur dan Adil (JURDIL) di Pilkada 2024.

"Memang sejak dini kita bina mahasiswa ini agar saat pemilu nanti kita bisa mendapatkan hasil yang baik, dan para pemilih bisa lebih banyak serta hasil pemilu yang bisa berkualitas," ujar Pj Walikota Pekanbaru Muflihun yang hadir langsung dalam sosialisasi tersebut.

Ia menjelaskan kegiatan-kegiatan yang sangat penting. Karena mahasiswa ini bisa mengajak, bisa menyatukan kemudian juga bisa memberi kecerdasan kepada para pemilih. 

"Untuk itu kita sengaja mengajak mahasiswa ini agar bisa mengajak yang lain seperti keluarganya, teman, tetangga untuk memilih pemimpin yang diharapkan," ucapnya. 

Pj Walikota juga menegaskan jika Pemilu sangat penting bagi masyarakat Indonesia. 

"Karena dalam Pemilu, masyarakat menggunakan hak pilih. Masyarakat yang mampu memilih untuk dipilih. digelar sosialisasi ini," ujar Muflihun. 

Dalam kesempatan itu, Muflihun mengingatkan mahasiswa agar bisa menghilangkan yang namanya Money Politik. Untuk itu meminta bantuan pengawasan kepada mahasiswa ini.

"Kita berharap Mahasiswa bisa ikut mendukung Pilkada, berikan partisipasi yang baik untuk terciptanya Pemilu dan juga Pilkada tahun 2024 yang baik," harapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pilkada) 2024.

Untuk kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari Universitas Riau (UNRI), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska), Universitas Islam Riau, STIKES Maharatu, Universitas Muhammadiyah Riau UMMRI), Universitas Lancang Kuning (Unilak), Akbid Sempena Negeri Pekanbaru, dan STIKES Hangtuah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas Pemilu dan Pilkada dalam meningkatkan kehidupan berdemokrasi. 

"Sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pilkada 2024," ujar Zulfahmi Adrian .

Ia mengatakan partisipasi pemilih dalam Pilwako 2017 sebesar 51,9 persen. Sedangkan partisipasi pemilih pada Pilgub Riau 2019 sebesar 61 persen. pemilih Partisipasi dalam Pileg 2019 sebesar 95 persen. 

"Artinya, kita belum mencapai target partisipasi pemilih dalam Pilwako dan Pilgub Riau. Pemerintah harus meningkatkan partisipasi pemilih," tulisnya.

Dalam sosialisasi ini menghadirkan narasumber antara lain, Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto, perwakilan Bawaslu Pekanbaru Fitri, dan akademisi Tito Handoko. 

Diakhir kegiatan pembukaan sosialisasi, Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru juga memberikan penghargaan kepada Walikota Pekanbaru dan juga Ketua DPRD Kota Pekanbaru sebagai Warga kehormatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru.