Kanal

Layanan Pemko Pekanbaru Mulai Bisa Diakses Kembali

Wadahnews.com- Pasca kebakaran yang terjadi Mal Pelayanan Publik (MPP) pada, Ahad (5/3) kemarin. Sejumlah layanan di Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai kembali bisa diakses.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, setelah kebakaran Mal Pelayanan Publik (MPP) beberapa hari lalu, sempat terjadi pelayanan terganggu. Namun saat ini,  layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah bisa diakses kembali.

"Contoh untuk capil, layanan kependudukan sudah bisa sekarang, ngurus KTP dan lain-lain. Dia (layanan capil) tersistem dan servernya juga terpisah dengan yang terbakar," kata Indra Pomi, Kamis (9/3).

Menurut Indra, meskipun sudah berangsur pulih. Namun, belum seluruh layanan perizinan dan non perizinan yang ada di MPP bisa diakses masyarakat.

"Di gedung B memang terbakar, tetapi layanan ini bisa dipindahkan ke gedung C. OPD terkait masih bisa mengaktifkan proses perizinan melalui OSS. OSS itu kan sistemnya di pusat, jadi masih bisa online. Kemudian PBG (persetujuan bangunan gedung), ini sistemnya juga di pusat, jadi sebagian besar pelayanan kita masih bisa kita layani dengan baik," ungkapnya.

Ia menyebut, sudah menugaskan kepala DPM-PTSP untuk mengambil langkah-langkah layanan itu bisa dipindahkan ke Gedung C. Sehingga DPM-PTSP juga bisa berkantor di Gedung C.

Layanan yang ada pada Gedung B kini sudah mulai diangsur dipindahkan ke Gedung C secara bertahap. Aktivitas layanan juga mulai dibuka pada Gedung C.

Menurutnya, kebakaran yang melahap Gedung B MPP Kota Pekanbaru memang rusak secara fisik. Namun, untuk pelayanan hanya terganggu satu atau dua hari saja.

"Memang secara fisik banyak yang mengalami kerusakan, server rusak, konter-konter rusak. Tapi secara pelayanan, sebenarnya pelayanan hanya terganggu satu dua hari aja," tutupnya. 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER