Kanal

Program Pembangunan RLH Pemko Pekanbaru Mendapat Dukungan Langsung Dari BPN

Wadahnews.com- Program pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) yang digalakkan oleh Pemko Pekanbaru mendapat dukungan penuh dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan dukungan langsung pihak BPN dalam membantu menerbitkan sertifikat tanah terhadap lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi untuk pembangunan RLH.

Upaya tersebut merupakan bagian Gerakan Sinergi Reforma Agraria di Kota Pekanbaru. Mereka berupaya agar RLH tersebut segera memiliki sertifikat hak milik.

Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Pekanbaru, Rosita menyampaikan bahwa progrm RLH berlangsung di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai. Ia menyebut bahwa kegiatan ini dalam upaya pengentasan kawasan kumuh terpadu lewat dana alokasi khusus.

"Rumah layak huni jadi satu indikator dalam pengentasan kawasan kumuh," ujar Rosita, Jumat (26/4/2024)

Ada sekitar 30 unit RLH bakal dibangun di Jalan itu. Pihaknya pun bersinergi dengan BPN untuk penertiban sertifikat lewat program PTSL.

Rosita menyebut bahwa keberadaan RLH ini dalam upaya memenuhi indikator akses jalan, sanitasi hingga persampahan. Pemerintah kota pun berupaya mengentaskan kawasan kumuh.

Sementara Kepala BPN Pekanbaru, Doni Syafrial menyebut bahwa satu contoh untuk di Kota Pekanbaru yang kita lakukan adalah pensertifikatan tanah. Ia menyebut bahwa untuk kegiatan aksesnya dilakukan pemerintah kota dengan memberikan RLH bagi masyarakat penerima sertifikat.

Kegiatan sinergi ini bakal ditindaklanjuti dengan kegiatan lainnya. Ada di antaranya penyaluran CSR hingga pembangunan fasilitas pemerintah kota maupun provinsi.

Dirinya mencontohkan seperti drainase maupun pupuk bagi petani. Ia menilai melalui kegiatan ini tentu bisa meningkatkan sinergi.

"Agar sertifikat masyarakat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Doni mengatakan bahwa gerakan ini sebagai tindak lanjut dari penertiban sertifikat bidang tanah oleh BPN. Mereka pun menggandeng berbagai pihak agar sertifikat yang sudah terbit bisa bermanfaat bagi masyarakat. (Adv)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER