Kanal

Cegah Banjir Di Pekanbaru, PUPR Normalisasi Anak Sungai dan Drainase Secara Bertahap

Wadahnews.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, terus berupaya mengatasi masalah banjir di kota ini. Salah satu upaya adalah dengan melakukan normalisasi anak sungai dan drainase.

Tim dari PUPR Pekanbaru mengeruk endapan sedimen yang menghambat laju air pada anak sungai dan drainase. Mereka juga membersihkan drainase dari sumbatan sampah.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, pihaknya tetap melakukan upaya normalisasi secara bertahap dan simultan. Tim setiap hari bekerja melakukan upaya normalisasi.

"Kita secara bertahap dan simultan. (Normalisasi) drainase ini kita lakukan secara bertahap," ujar Edu, sapaan akrabnya, Selasa (31/10/2023).

Menurutnya, ada pasukan kuning dibantu dengan tim menggunakan eskavator mini yang melakukan normalisasi. Selain membersihkan drainase mereka juga mengeruk sedimen.

Ia menyebut, penanganan masalah banjir ini tetap mengacu pada masterplan yang sudah dibuat. Masterplan menjadi acuan tim untuk pelaksanaan di lapangan.

"Jadi, kalau perencanaannya sudah kita buat maka akan kita laksanakan. Setelah kita laksanakan, kita awasi terhadap pelaksanaannya," jelas Edu.

Selain berupaya menuntaskan masalah banjir, PUPR Pekanbaru juga melakukan perbaikan jalan rusak. Sejumlah jalan rusak di Kota Pekanbaru telah diperbaiki dengan cara overlay. Perbaikan jalan rusak bakal terus berlanjut hingga tahun depan. (adv)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER